Minggu, 03 Maret 2013

Mencegah Soaknya Baterai Handphone dan Laptop


Mencegah Soaknya Baterai

Baterai menjadi bagian utama dalam perangkat komunikasi seperti handphone dan laptop,karena tanpa baterai atau arus listrik yang masuk ke gadget tersebut maka kedua perangkat tersebut tidak dapat hidup atau tidak bisa difungsikan secara normal.Inilah keistimewaan baterai karena memang difungsikan sebagai daya untuk menggunakan fungsi dari perangkat tersebut.Saat ini sering kita jumpai pada handphone atau laptop yang baterainya sudah soak atau daya tahan tidak bisa digunakan dalam waktu yang lama seperti dalam pemakaian normalnya.Tentunya ini harus diperhatikan bagi ketahanan daya baterai tersebut.

Setiap harinya kita bisa menjumpai baik itu handphone atau laptop sendiri maupun handphone/laptop teman yang baterainya sudah soak,alias baterai tidak tahan dalam waktu 1 jam dalam pemakaian normalnya.Peristiwa ini memang sudah umum kita lihat dan dengar.Umumnya itu terjadi karena mungkin humman error atau kesalahan dari diri kita sendiri dalam melakukan pemakaian dan perawatan.Atau bisa juga karena kerusakan dari pabrik pembuatnya.Tapi yang sering biasa terjadi adalah karena akibat kurang perhatian kita dalam memakai atau menggunakan perangkat tersebut.

Oleh karena itu disini mau dijelaskan bagaimana mencegah baterai pada handphone maupun laptop agar tidak cepat rusak atau cepat soak.Berikut penjelasan dan keterangannya.

1.Mencharger Dalam Keadaan Mati.
Tahukan anda bahwa menchas atau pengisian daya baterai ke sebuah perangkat atau gadget memerlukan sebuah kondisi pengisian terbaik yaitu kondisi mati.Mengapa kondisi mati? Karena seandainya perangkat dichas dalam kondisi hidup atau kondisi dalam pemakaian maka arus listrik yang masuk ke baterai menjadi tidak sepenuhnya masuk ke baterai karena arus akan terbagi 2 arah yaitu ke baterai dan ke pemakaian yang sedang terjadi.Hal ini memang sering terjadi yaitu mencharger handphone maupun laptop dalam keadaan hidup pada saat baterai memang memerlukan pengisian daya ke baterai.Maka dari itu jika baterai sudah dropp ada baiknya matikan gadget tersebut lalu silahkan dicharger atau dichass sesuai dengan kondisi arus listik yang stabil dan aman.

2.Gunakan Daya Secukupnya
Maksdunya pergunakan aplikasi yang memang dibutuhkan dan jangan menghidupkan aplikasi yang memang tidak perlukan karena tentunya akan banyak menyerap daya baterai dan akibatnya baterai akan cepat habis.Baterai yang sering cepat habis karena pemakaian yang berlebihan menyebabkan baterai tidak tahan lama dalam pemakaiannya, sehingga akan mengakibatkan baterai cepat soak.Untuk itu jalankan aplikasi yang seadaanya saja menghemat daya akan memperpanjang umur baterai.

3.Batasi Penchargeran Berulang-ulang
Sering kita melakukan penchargeran dalam sehari bisa lebih dari 3 kali.Tentunya perlu kita ingat bahwa baterai juga tidak bisa dipaksa mencharger berulang-ulang.Baterai mempunya daya tahan tertentu sehingga kita tidak bisa memaksa baterai untuk diisi berulang-ulang.Tahukah anda maksud dari keterangan ini.Kalau tidak tahu saya akan berikan contohnya.

Contoh : Saat anda mencharger laptop atau handphone, tiba-tiba arus listrik mati atau istilahnya mati lampu.Setelah itu anda mencopot charger laptop atau handphone dari stop kontak tersebut.Setelah beberapa kemudian arus listrik hidup lagi, maka setelah itu anda akan kembali mencok atau mencharger laptop dan handphone itu kembali ke arus listrik.Nah...hal inilah yang tidak boleh dilakukan karena akan cepat merusak baterai tersebut.Daya baterai yang anda jika diisi lagi maka akan mengganggu proses pemuatan arus didalam baterai tersebut.Maka dari itu jika anda mencharger laptop atau handphone tiba-tiba arus mati maka hal yang dilakukan adalah jangan mencharger lagi.Ada kalanya pergunakan perangkat tersebut kembali sebagaimana mestinya sampai laptop dan handphone memang benar sudah membutuhkan pengisian kembali.

Inilah yang bisa dijelaskan bagaimana mencegah baterai handphone atau laptop agar tidak cepat soak.Tentunya ini sangat bermanfaat jika anda membaca dan memperhatikannya.Karena memang baterai mempunyai peranan penting dari setiap gadget yang kita miliki karena tanpa baterai kita tidak bisa menjalankan aplikasi yang ada pada perangakat tersebut.Semoga bermanfaat.Terima kasih.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

38 komentar:

  1. Wah, bisa diterapkan nih pada Laptop saya

    BalasHapus
  2. makasih infox sob.., dr pengalaman pribadi ni, msng2 laptop beda daya tahan batterainya.., yg gk kuat itu axio dan acer... *smile

    BalasHapus
  3. ini pas banget buat saya Mas.
    secara saya sering baterei hp sampe kembung begitu.
    terus laptop paling tahan 2 jam harus dicharge lagi.
    OK saya camkan ini, bemanfaat sekali buat saya yang tulalit soal beginian, hehe

    BalasHapus
  4. wah, pantesan nih kalo dicash saat dipakai gak awet batrenya..
    hihihihi

    BalasHapus
  5. lah saya malah sering pake latop sambil dicas,abisnya takut mati lampu jadi online gak putus gitu.
    ternyata bisa menyebabkan rusaknya batrai ya sob.
    makasih infonya sob,salam sukses.

    BalasHapus
  6. Saya sering banget melakukan pada point 3.. hehehe..

    BalasHapus
  7. untung saya belum pernah merasakan baterai soak

    BalasHapus
  8. Tips diatas sangat bermanfaat sekali kawan, memang perlu dicoba nih
    sebab memang tanpa baterai kita tidak bisa menjalankan aplikasi yang ada .
    Tips yg sangat membantu dan bermanfaat sekali kawan
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  9. Waduw, di nomor satu aja saya udah gagal, hahah...
    Iya, biasanya kalo ngecharge hp dan laptopnya dalam keadaan nyala dan tetep dimainin :D
    Parah banget ya :D

    BalasHapus
  10. Saya dari dulu sudah menerapkan cara-cara diatas dan hasilnya Alhamdulliah Handpone Saya sejak jama Batu masih Exit sampai saat ini, BTW gambar Batterai Handphone di di Postingan ini termasuk jenis Baterai HP apa Yach ? ^-*

    BalasHapus
  11. padahal aku kalo pake laptop begitu batre abis langsung dicas dan tetep dipake -_____- oww itu termasuk kesalahan ternyata..

    BalasHapus
  12. kalau saya kebiasaan mencharger saat gadget dalam keadaan hidup, karena kalau dimatikan, takutnya ada telepon atau SMS yang terlewatkan, dan itu sangat vital dalam kehidupan perekonomian saya :)

    BalasHapus
  13. kayanya sekarang untuk laptop itu ada teknologi baru mas, katanya saat baterai laptop di charger full tidak akan apa-apa bila charger tetap nempel dilaptop karena tidak akan memberikan pasokan daya lagi ke baterai melainkan laptop menggunakan daya yang dari charger.

    BalasHapus
  14. Semoga artikelnya membawa manfaat besar yah sob :)

    BalasHapus
  15. Ya diperhatikan cara menchargernya Mas.

    BalasHapus
  16. Ok sob kalau udah ngerti ini :)

    BalasHapus
  17. link sukses terpasang diblog saya sob :)

    BalasHapus
  18. Benar sekali kawan, punya saya juga begitu, sampai sekarang baterai sering ngedrop. saya yakin Tips ini dapat membantu sekali.
    da juga sangat bermanfaat, saya ucapkan terima kasih banyak Buat Si Admin..

    BalasHapus
  19. Ane punya hape masalah di baterai mlulu gan, sampe covernya ga bisa ketutup baterainya kembung

    BalasHapus
  20. wah, kayaknya saya harus mengubah kebiasaan saya mencharger laptop sambil di nyalain laptop nya kalau emang nggak mau cepet rusak batery nya.! makasih tips nya mas !

    #salam terhangat dari Mr.DHI

    BalasHapus
  21. Saya biasanya mengchas dalam keadaan masih hidup, kadang tak mau ribet :D
    Terimakasih atas sharingnya.

    BalasHapus
  22. nah bener tuh, kalo lagi charge laptop atau hp dimatiin.. :D
    biasanya sih orang2 dinyalain, karna merka anggap nggak papa sekalian sambil ngerjain tugas.. :D

    BalasHapus
  23. waduh, seprtinya aku sering bgt sob melanggar ketiga poin di atas

    BalasHapus
  24. Masalahnya, emang pemakaian saya memaksa utk menge 'caz' secara berulang-ulang

    BalasHapus
  25. Waduh, saya malah suka nge-charge netbook dalam keadaan sedang dipakai. -__-"

    BalasHapus
  26. untuk kerja mas, terpaksa dah harus di charger terus,,
    heheeee

    BalasHapus
  27. yaah, udah telanjur soak dluan bateraiku, huhuhu

    BalasHapus
  28. memang perlu di perhatikan kalau soal baterai.
    kayaknya tipsnya mantep nih mas.

    sayang laptop saya dah laku..xixixi

    BalasHapus
  29. wah ane malah baru tau mas.. thanks sharenya

    BalasHapus
  30. betul jg mas.. apalagi no 1..
    kadang saya lebih banyak charge dalam keadaan hidup :D

    BalasHapus
  31. kalau d charger berulang ulang baterai bakal punya memori efek ndan, umpamanya kapasitas masih cukup penuh namun sudah d chas dampaknya baterai bakal gampang ngedrop tuh... sama kayak baterai lippo

    BalasHapus
  32. Nah gan, ane punya laptop ASUS S43, batereinya sekarang cuman kuat untuk hidup selama 5menitan saja padahal umurnya baru 1tahun3bulanan, nah yang ane tanyakan penyebabnya apa? soalnya ane sudah menggunakan tips trik menjaga baterei agar awet gitu. Mohon bantuannya gan

    BalasHapus
  33. Hal yang mungkin terjadi :
    1.Kesalahan dalam mencharger
    2.Waktu pemakaian yang terlalu panjang
    3.Mencharger seperti yang dijelaskan pada artikel diatas Mas.

    Mungkin yang bisa saya jelaskan dari pertanyaan Mas diata.Trims Mas udah bertanya disini :)

    BalasHapus
  34. ASUS saya cuma tahan satu jam-an dalam kondisi baterai 100% :|

    BalasHapus
  35. kalo laptop mati bisa nyerap daya nggak om...

    BalasHapus