Minggu, 27 Januari 2013

Apa Manfaat Tidur Siang ?


manfaat tidur siang

Banyak kerjaan dan aktifitas membuat kita jarang untuk meluangkan waktu untuk tidur siang.Kita tidak tahu bahwa tubuh juga perlu dan butuh waktu untuk istirahat.Karena tubuh bukan mesin yang bisa dipaksa terus-menerus untuk bekerja.Tapi sebenarnya banyak manfaat kesehatan dari tidur siang itu sendiri selain tidur yang wajib di malam hari.Tentunya tidur siang sangat memberikan energi full bagi tubuh untuk melakukan aktifitas lagi.

Mungkin banyak orang jarang tidur siang karena hal yang disebutkan diatas tadi,bahwa tidur siang merupakan bagian untuk memberi tubuh istirahat setelah dari aktifitas yang kita lakukan dari pagi hari tadi.Kurang tidur akan mengakibatkan sulitnya otak untuk berkonsentrasi, muka akan tampak tidak segar, daya kerja akan semakin cepat lemah, meningkatkan penuaan pada wajah dan tubuh bisa dilihat dari warna kulit tubuh atau muka.Dan masih banyak lagi hal lain yang sifatnya merugikan kesehatan kita sendiri tentunya.

Ada baiknya dijelaskan bahwa beberapa point ini menjelaskan apa manfaat tidur siang bagi tubuh kita.Berikut dibawah ini :

1.Tidur siang mampu meningkatkan daya ingat atau daya konsentrasi otak untuk bekerja.Tidur siang dalam waktu sekitar 1 jam tentu akan lebih membantu otak untuk melakukan proses dalam mengingat dan kontrol semua aktifitas yang dilakukan oleh tubuh.Karena otak adalah bagian atau pusat terpenting dalam mengatur dan mengontrol semua fungsi kerja dalam tubuh.

2.Tidur siang akan memberikan tambahan energi dalam tubuh.Tidur siang kita lakukan tentunya akan mengumpulkan energi penting untuk melakukan aktifitas kerja kita.Maka dari itu setelah tubuh lelah atau capek dianjurkan untuk tidur siang,agar tenaga bisa terkumpul kembali sehingga memungkinkan kita untuk melakukan pekerjaan kita kembali.

3.Tidur siang dapat mengobati penyakit insomnia atau penyakit sulit tidur,karena dengan tidur siang akan membantu meningkatkan efektifitas dari waktu tidur kita yang kurang optimal yakni akibat dari insomnia tersebut.Sehingga waktu total tidur siang akan membantu mengurangi insomnia tersebut.
4.Tidur siang juga mampu mengurangi rasa pikiran stress,karena dengan istirahat maka tingkat stress akan berkurang.

5.Tidur siang mengurangi rasa sakit kepala,itu biasanya kalau orang sakit kepala disuruh minum obat maka pasti akan tidur,karena dengan tidur rasa sakit dalam kepala akan berkurang.

Untuk itu luangkan waktu anda untuk tidur siang walaupun hanya sebentar,karena fungsi kerja otak dalam tubuh juga butuh ketenangan dan istirahat.Kalau sudah sakit tentunya anda berpendapat bahwa kesehatan melebihi segalanya.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

10 komentar:

  1. Baiknya, tidur siang itu berapa lama ya? dan waktu yang paling tepat utk tidur siang itu kapan?

    BalasHapus
  2. Cukup 2 jam saja udah maksimal Mas.Ya sianglah Mas,,kan tidur siang.Weleh :)

    BalasHapus
  3. yang jelas kalau tidur siang badan menjadi segar dan mearsa enak
    terima kasih sudah berbagi kawan

    BalasHapus
  4. saya semenjak kerja gak pernah tidur siang mas :D

    BalasHapus
  5. wah harusnya ini dibaca hrd
    soalnya kemarin aku ditegur hrd gara gara bobo siang di kantor...

    BalasHapus
  6. wah bisa ngobati insomnia.. bukannya malah susah tdr sobat hehehehe.

    hmm.. saya sudah nggak bisa tidur siang lagi sobat, karena aktifitasnya..?

    BalasHapus
  7. kalo saya mah tidur siangnya habis makan..
    :D

    BalasHapus
  8. menrut saya, biar kalo sore gak ngantuk kang.. :D

    BalasHapus
  9. saya malah gak bisa tiur siang mas :(

    cuman kadang kadang aja :(

    BalasHapus
  10. harus bisa kakak, biar gendut kayak kucing aku ^,^ .

    BalasHapus