Suka Ngorok? 5 Alat Ini Ampuh Cegah Kamu Mendengkur | INFOSAJA

29/1/2019 29/1/2019 29/1/2019 11/01/2020 09/10/2019 rivalqq 07/01/2020
29/10/2019 29/10/2019 29/10/2019 29/10/2019 29/10/2019 29/10/2019 Texaspoker
15/12/2018 15/12/2018

Suka Ngorok? 5 Alat Ini Ampuh Cegah Kamu Mendengkur

MEMILIKI pasangan yang suka mendengkur memang sangat menyebalkan. Atau bisa jadi kamu sendiri punya kebiasaan ngorok saat tidur.

Tahukah kamu bahwa 40 persen orang dewasa di Inggris diyakini suka ngorok saat tidur. Mendengkur disebabkan oleh obstructive sleep apnea (OSA), sehingga dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang serius.

Perlu kamu ketahui, penyebab mendengkur secara umum adalah kelebihan berat badan dan faktor gaya hidup. Dilansir dari Netdoctor, ada 5 solusi untuk mengurangi ngorok saat tidur, yuk disimak.

Suka Ngorok Suka Ngorok? 5 Alat Ini Ampuh Cegah Kamu Mendengkur

1.Mandibular Advancement Device (MAD)

Penyebab orang mendengkur saat tidur adalah karena lidah turun ke belakang tenggorokkan saat tertidur, sehingga menciptakan halangan yang membuat jalan napas bergetar.

Dengan MAD, maka kamu tidak akan mencegah lidah untuk turun, karena cara kerjanya adalah memegang rahang bawah kamu sedikit ke depan untuk menarik lidah ke depan. Dengan demikian, lidah yang turun di bagian belakang rahang kamu tidak akan terjadi lagi.

Dengan demikian, udara dapat keluar lebih bebas dan mengurangi getaran jaringan lunak. Alat ini dapat digunakan untuk mengurangi mendengkur secara ringan dan sedang. Namun, sebelum memakainya kamu harus merendamnya di air panas terlebih dahulu. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang bagius, disarankan untuk memasangnya di dokter gigi.

2.Internal nasal dilator strip nasal eksternal

Tahukah kamu bahwa sebagian lubang hidung seseorang cenderung tertutup, saat mereka bernapas melalui hidung. Jika ingin mengetahui apakah termasuk orang yang suka mendengkur cobalah lakukan tes sederhana ini.

Lihatlah ke cermin, kemudian hirup dalam-dalam dengan mulut tertutup. Jika, lubang hidung kamu mengempis, maka kamu memerlukan dilator hidung. Alat ini berbentuk potongan plastik kecil dan kenyal, dan menahan lubang hidung sehingga membuat nafas menjadi lebih mudah.

Jika kamu tidak suka ada benda asing yang masuk kedalam hidung. Maka strip hidung adalah pilihan yang tepat. Alat ini adalah plester yang menempel di hidung, dan membantu membuka hidung, sehingga tidak akan ngorok saat tidur.

3.Obat alergi hidung atau polip

Jika kamu memiliki alergi hidung, maka perlu mengobatinya dengan kombinasi semprotan steroid nasal topikal dengan antihistamin non-sedasi. Kamu dapat mendapatkannya dengan mudah di apotek-apotek dengan resep dokter. Jika hidung kamu tersumbat, maka mulut akan terbuka dan kamu akan mendengkur.

4.Perubahan gaya hidup

Bagi kamu yang peminum dan suka mengonsumsi obat penenang. Hal tersebut dapat menyebabkan depresi pernapasan sehingga membuat dengkuran semakin keras. Maka mulai saat ini hindarilah kedua hal tersebut, karena dapat mengurangi masalah mendengkur Anda.

5.Mesin CPAP

Mesin CPAP adalah alat yang berbentuk seperti masker, dan dipasangkan di hidung atau mulut. Jika kamu menderita apnea tidur obstruktif sedang hingga berat.

Sebuah penelitian terhadap 15.325 pasien yang dilakukan antara tahun 2008 dan 2016, telah menemukan bahwa pengobatan dengan CPAP dikaitkan dengan penurunan yang lebih besar dalam gejala kantuk di siang hari.

Alat ini dapat mendeteksi suara mendengkur dan apnoea (berhenti bernapas), lalu secara otomatis meningkatkan tekanan udara. Jika kamu ingin menggunakan CPAP, maka harus memerlukan resep dari spesialis sleep apnea.

Share this post:

Recent Posts