Senin, 19 Agustus 2013

Cara Agar Tidak Gampang Lupa

Cara Agar Tidak Gampang Lupa

Cara agar tidak gampang lupa mungkin ini bisa jadi refrensi kita khususnya yang mudah atau gampang lupa terhadap apa yang dilakukannya.Sering terjadi pada diri kita sendiri masalah kelupaan yang satu ini,terkadang kita pernah dikasih tugas tapi beberapa menit kemudian kita lupa mengerjakan tugas tersebut dengan alasan kita lupa terhadap pekerjaan itu tadi.Alhasil kita bisa dimarahin ataupun sekedar dikasih teguran.Hal ini memang patut diperhatikan mengingat otak adalah koordinasi utama didalam tubuh.Sehingga apa yang kita kerjakan dan ingin kita lakukan semuanya bergantung dari otak kita.

Kebiasaan mudah lupa salah satu hal yang memang harus terus diperbaiki mengingat akan banyak hal yang harus kita ingat sebelum dan sesudahnya.Hal ini memang sangat sering terjadi pada kehidupan kita sehari-harinya.Seperti “Tadi flashdisk kutaruh dimana ya ? “ “Eh,,,lupa ada tugas ya? “ “Gawat aku lupa mengerjakan tugas itu”. Tentunya ini pernah terjadi dalam peristiwa sehari-harinya.Lalu adakah cara agar kita tidak gampang lupa ? tentu ada,tapi ini bisa dilakukan dalam kehidupan kita sehari-harinya atau sekedar melatih kemampuan otak agar terus kuat mengingat seperti yang bisa dijelaskan dibawah ini :

1.Padatkan
Ketika kita mengingat deretan huruf maupun angka yang sangat panjang seperti 78452368104513 maka kita bisa pecahkan menjadi 78 45 23 68 10 45 13.Ini bisa jadi latihan bagi otak kita untuk terus bisa mengingat dan menguatkan memory otak.

2.Gunakan Gambar
Anda bisa melatuh otak agar mudah mengingat seperti nama orang adalah menggambarkan wajah orang tersebut.Jadi ketika anda bertemu Joe Diamond  maka bayangkan sebuah intan (diamond).Sehingga kita bisa lebih kreatif mengingat seseorang dengan perbandingan dengan sebuah gambar intan.Sehingga dengan ini kemampuan otak bisa terbantu dalam hal mengingat.

3.Menghapal
Menghapal adalah satu hal yang membantu daya ingat untuk selalu kuat.Gunakan menghapal sesuatu benda sebagai pelatihan terhadap otak.Asa terus otak agar kuat mengingat hal dalam kehidupan sehari-harinya.

4.Berpikiran Positif
Berpikiran positif membuat otak lebih baik perkembanganya setiap harinya.Pikiran positif membuat otak lebih menghasilkan sesuatu hal yang bermakna dan bermanfaat bagi perkembangan otak itu sendiri.Karena sebaliknya jika hanya berpikiran negatif hanya membuat daya ingat menjadi menurun karena mungkin kita berpikir jauh dari apa fakta dan kenyataan sebenarnyanya.Yang malah otak bisa mengalami depresi dan gangguan yang berakibat penurunan daya ingat dan kemapuan otak menjadi berkurang.

5.Menulis Jangan Mengetik
Menulis salah satu hal yang membantu kita mengingat dari apa yang kita tulis dengan tangan,jadi ketika kita menulis dengan tangan tanpa kita sadari otak terus merekam dari apa yang dituliskan melalui tangan.Dibanding dengan mengetik yang hanya meletakkan jari diatas keyboard tanpa disadari otak sekedar saja mengingat dari apa yang diketikkan.

6.Pengulangan
Pengulangan atau mengulang sesuatu hal salah satu hal yang dapat membuat otak tidak mudah lupa.Ketika anda ingin mengingat hal baru maka anda dapat mengulangi berkali-kali sehingga otak bisa cepat mengingat dari apa yang hendak kita ingat dari sesuatu hal tersebut.Jadi semakin diulang-ulang maka semakin mudahlah otak untuk mengingat hal tersebut.

7.Catat
Mencatat adalah salah satu hal juga yang membantu kita tidak lupa terhadap kejadian ataus sesuatu hal.Jadi ketika anda susah mengingat akan sesuatu hal maka sediakan sebuah kertas dan pulpen lalu catat sehingga anda tidak lupa terhadap point-point penting yang ingin anda dapatkan serta yang anda ingin ingatkan.

8.Gunakan Seluruh Indera
Menggunakan seluruh indera menjadi acuan juga untuk membantu ingatan kita dimasa lalu.Salah satunya adalah gunakan penciuman anda untuk mengembalikan kenangan anda dimasa lalu.Jadi mulainya mengendus.Tentunya ini sangat membantu mengembalikan ingatan kita dimasa lalu.Karena fungsi indera sangat membantu kita mengoptimalkan kinerja otak.

9.Rutinitas
Rutinitas yang kita jalani setiap harinya menjadi  salah satu hal yang mempengaruhi kemampuan kita dalam mengingat.Contoh meletakkan barang ditempat yang sesuai dengan kurun waktu yang lama.Semakin lama barang atau benda itu berada ditempat tersebut maka semakin mudahlah kita mengingat keberadaan benda tersebut.

10.Lakukan tahap 1-9
Untuk mempertajam ingatan anda sebaiknya anda melakukan tahap 1-9 sebagai pelatihan bagi otak untuk terus mudah mengingat.Melakukan dengan sekali saja tentunya belum bisa menghindari kita dari rasa kelupaan.Maka dari itu lakukan secara teratur dan berulang-ulang agar otak bisa terus mengingat dan tetap terus kuat mengingat akan sesuatu hal yang kita hadapi sehari-harinya.

Baca Juga Informasi Lainnya Yang Berhubungan :
Demikianlah informasi tentang cara tidak gampang lupa yang diberikan disini.Kebiasaan lupa memang harus segera diperhatikan dan diatasi.Karena setiap harinya kita butuh ingatan kuat terhadap apa yang kita lakukan setiap harinya.Untuk itu semoga sajian informasi ini dapat memberikan manfaat besar bagi kita disini.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

26 komentar:

  1. wahh bermanfaat sekali buat hafalan di sekolah kwkwkwk

    BalasHapus
  2. bro bro, makasih nihh inpo nya,.

    hahah berfikiran positif dehh biar ga lupaa

    BalasHapus
  3. Makasih ya mas tipsnya, Insya Allah langsung saya praktekkan :)

    BalasHapus
  4. info yang bagus banget nih... saya termasuk orang pelupa loh

    BalasHapus
  5. Akan saya coba dan buktikan hehe..
    Makasih ya udah mampir..
    Ditunggu partisipasinya di Giveaway perdanaku :)
    http://artiegadjah.com/giveaway-pertamaku/

    BalasHapus
  6. "menulis jangan mengetik" kata kata itu sangat tepat untuk jaman modern seperti sekarang ini mas... jaman semakin maju dah technology juga semakin canggih.

    jadi anak sekarang lebih sering mengetik daripada menulis mas... hehehe

    BalasHapus
  7. gunakan seluruh indera.. sangat setuju dengan itu :)

    BalasHapus
  8. Selalu berpikir positif. Itu saya coba lakukan terus

    BalasHapus
  9. Hal yg paling sering ya rutinitas.. makasi ya share nya ? sangat bermanfaat banget

    BalasHapus
  10. ini penting banget karena besok saya dan kita semua pasti akan mengalami kepikunan

    BalasHapus
  11. oo mantap inponya..
    sebagian sy baru tau

    BalasHapus
  12. wah saya pernah baca tulisan Ibnu Sina agar menolak lupa :D

    BalasHapus
  13. ini nih ilmunya mantab kagak ngawur... ane soalnya penderita kepikunan dini.. mau ngomong eh lupa lagi.. hihi

    BalasHapus
  14. ane nyoba buat ngulang2 tapi alhasil tetep lupaan sampai lupa segalanya apa yang ane mau omongin... #true story :D

    BalasHapus
  15. wah iya nih saya seering lupa..

    BalasHapus
  16. wah saya setuju sob

    biasanya yang paling cepat ingat tuh bila di visualkan ya ngak sob.

    kayak film dall

    BalasHapus
  17. Menulis biasanya yg saya lakukan, lebih bisa mempertajam ingatan...

    BalasHapus
  18. diam itu emas . mungkin itu alasan kuat juga buat orang pendiam.. hehe

    BalasHapus
  19. memang sudah menjadi fitrah manusia jika mereka (manusia) itu bisa lupa. Tapi sayogyanya kita harus bisa mereduksi tingkat kelupaan tersebut agar tidak sering-sering lupa. tips yang dijelaskan diatas bisa dipraktekkan untuk kita semua agar tidak mudah lupa. thanks informasinya mas :)

    BalasHapus
  20. wah bagus banget nih, gak tau juga manusia kebanyakan banyak mengalami lupa akan suatu hal, entah biasanya kita ingat. tpai biasa aja langsung lupa!

    BalasHapus