Sabtu, 09 Februari 2013

Tips Menjaga Modem Dari Kerusakan


Modem

Modem adalah sebuah perangkat yang mampu mengubah dan mengolah sinyal digital menjadi sinyal analog dan juga sebaliknya.Tapi modem yang dibahas hari ini adalah modem yang sering dan banyak kita gunakan untuk mengakses internet.Berbagai ragam jenis dan merk modem yang berkembang saat ini membuat kita sedikit pusing dan bingung dalam memilihnya karena memang masing-masing merk dari modem yang ditawarkan memberikan banyak penawaran dan promo yang cukup menggiurkan bagi kita yang sedang membutuhkannya.Yah.kita bisa lihat dari promo yang sering ditayangkan dari televisi yang pernah kita saksikan tentunya.

Memiliki modem sudah menjadi kebahagian tersendiri tentunya karena dengan menggunakan modem kita bisa akses internet sepuasnya itupun kalau pulsa modem tersebut sudah terisi.Kalau belum tentu tidak bisa untuk menggunakan layanan internetnya.Menggunakan modem sama dengan menggunakan internet dengan pulsa yang ada dalam modem tersebut.Lalu ada sesuatu yang kurang kita perhatikan jika sudah memiliki modem tersebut yakni menjaga keawetan modem tersebut.

Modem yang dijelaskan disini adalah modem dengan bentuk seperti Flashdisk yang mana ujungnya berbentuk USB (Universal Serial Bus) dan didalamnya disediakan sebuah slot untuk kartu dan memori,kartu inilah yang kita isikan dengan pulsa agar modem bisa digunakan untuk mengakses internet.Lalu seberapa tahankan modem yang sedang anda gunakan saat ini?Tentunya ini menjadi perhatian khusus untuk selalu menjaga modem dari kerusakan yang tidak kita inginkan.

Untuk akan dijelaskan beberapa cara menjaga modem agar jauh dari kerusakan.Berikut point-point pentingnya :
1.Pemakaian Terlalu Lama.
Ini biasa sering terjadi pada kita yang menggunakan modem,yakni hampir satu harian kita menggunakan modem untuk mengakses internet.Dampak yang terjadi adalah modem menjadi panas.Panas yang dihasilkan modem ini sedikit mengganggu perangkat Motherboard pada modem,hingga berpengaruh pada kecepatan pengatasn data yang dilakukan saat akses internet.Adakalah kita kita mengatur waktu pemakaiannya jangan sampai membuat modem terlalu panas.Kalau ini terjadi maka daya tahan dan waktu modem akan berkurang.

2.Jauhkan Modem dari bantingan atau terjatuh.
Kita tahu kalau handphone terjatuh pasti langsung mati tapi ini hanya bagi sebagian handphone.Ini bisa terjadi juga pada modem.Karena perangkatnya tidak beda jauh dengan handphone.Yang mana handphone dan modem sama-sama menggunakan jaringan untuk akses internet dan berkomunikasi.Untuk itu berhati-hati untuk menjaga modem jangan sampai terjatuh.Kalau terjatuh sekali tidak apa-apa masih bisa digunakan.Kalau sudah tiga kali dan lebih maka yang terjadi adalah kerusakan.

3.Eject atau Removed Modem
Artinya sehabis pemakaian modem direkomendasikan atau disarankan untuk mengeject modem yang tersambung dengan komputer atau laptop kita.Supaya kemampuan day abaca pada modem tidak rusak.Dampaknya jika terjadi modem yang dicolokkan tidak bisa terbaca oleh sistem alhasil koneksi internet tidak dapat tersambung sebagaimana mestinya.

Ini dulu sekilas penjelasan untuk menjaga modem kita dari kerusakan yang mungkin dapat terjadi akibat human error atau karena kesalahan kita sendiri tentunya.Semoga artikel ini dapat menjadi ingatan bagi kita pemilik modem karena memang modem jadi perangkat penting dalam menggunakan akses internet.Semoga setelah membaca artikel ini modem kita selalu tahan dalam jangka waktu yang relatif lama.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

33 komentar:

  1. Saya dulu sering lupa eject pas selesai make makanya cepat rusak

    BalasHapus
  2. simak dulu sob, kebetulan saya juga kadang pakai koneksi modem. :)

    BalasHapus
  3. nice info mas..
    punya saya modem merk venus g nyampe 2 bulan mati gara-garanya seing di buat mainan sama si kecil.

    BalasHapus
  4. Kalau ane pakai modem sehari semalam karena ganti gantian makenya :D, trus kalau berhenti ga ane cabut modemnya cuman dimatiin PC'y.. Kelihatanny umur modem ane g lama ni hehe..

    BalasHapus
  5. Ya Mas.

    Sekali lagi hati-hati Mas untuk Modemnya :)

    BalasHapus
  6. Mudahan cara diatas membantu untuk bisa mewarawat modem Mas.

    BalasHapus
  7. modem canggih tapi tanpa pulsa, sama juga boong ya mas...heheheheh

    BalasHapus
  8. tips yang bagus sobat, namun poin ke 3 itu yang saya nggak pernah lkukan sobat, jadi main cabut aja hehehehe.

    sekarang sech masih ada modemnya, tapi komputernya yang nggak ada wkwkwkwkw

    BalasHapus
  9. Ya sama juga ada pulsa gak ada modem sama aja Mas :)

    BalasHapus
  10. Ya sobat,mudahan tutorial ini dapat membantu selalu menjaga keawetan modem :)

    BalasHapus
  11. kalau pakai mifi aku ga berani lama-lama online

    BalasHapus
  12. tips yang kedua ya mas..kerusakan yg di luar non tekhnis...yg di luar faktor kesengejaan.
    yg harus memang kita jaga..
    trims mas abed..sdh mengingatkan.. :)

    BalasHapus
  13. aku dah ganti modem 2x sob gara gara dijatuhkan oleh adikku

    BalasHapus
  14. ehehe berkunjung malam masbro.. :D

    BalasHapus
  15. Selama ini tak pernah terpikir bagaimana cara merawat modem yang sering saya pergunakan pula nih sobat.
    Jadi perlu saya terapkan pula tips-tips di atas

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah, modem saya masih awet udah 3 tahun Mas :P

    BalasHapus
  17. lumayan saya sering eject modem saya klw udah selesai di gunakan.
    tapi klw dlm jangka waktu penggunaan mungkin tdk bisa di hentikan lagi karena sekali aktifasi paket akan selalu ON 1 harian..heheheee
    terima kasih tips nya!

    BalasHapus
  18. yang nomer tiga itu sob,saya jarang eject dulu.kalo habis pake terus saya cabut gitu :)
    makasih infonya sob.

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah, modem USB ku dari tahun 2010 masih tetap awet nih, kapan rusaknya ya? :D

    BalasHapus
  20. saya malah ngga pernah dicabut..nemplok terus dilaptop.

    BalasHapus
  21. terimakasih infonya, soalnya modemku udah jadul, waspada supaya awet dan lebih awet lagi

    BalasHapus
  22. Wah saya pernah tuh Modemnya terjatuh, harus mulai merawat nih biar gak cepet rusak. Terima kasih mas infonya.

    BalasHapus
  23. Modemku gak pernah dicabut.. Stand by nempel di komputer...
    :D

    BalasHapus
  24. Bila tanpa eject dulu, dan baru dicabut pada saat komputer mati bagaimana Mas ?

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    BalasHapus
  25. Ya itu gak apa Mas,kalau komputernya sudah mati baru dicabut aman kok :)

    BalasHapus
  26. Kalau untuk modem kabel telepon bagaimana perawatannya agar tetep awet mas????

    BalasHapus
  27. Ya dengan cara membuat susunan atau letak kabel jauh dari gangguan seperti tikus,biasanya ini sering terjadi Mas kabel digigit tikus :)

    BalasHapus
  28. Mas q da problem nih.
    Q pake modem huawei E1550.
    Kmrin q pake normal2 j tp tiba2 ni modem eject/remove sendiri tanpa ada sebab.trus saya cabut n tancepin lagi.pas di tancepin detect tapi bntar lg gak detect.itu kenapa ya?

    BalasHapus
  29. Kemungkinan ada pada settinga firewalnya Mas,coba disabel sementar dulu.Atau pada perangkat ujung USBnya yang sedikit terganggu untuk koneksinya ke perangakat USB laptop atau komputer.

    BalasHapus