Kamis, 07 Februari 2013

Penyebab Flashdisk Rusak


penyebab flashdisk rusak

Flashdisk merupakan alat penyimpanan data eksternal yang ujung portnya berbentuk USB(Universal Serial Bus) yang bisa dibawa kemana-mana serta dengan ukuran yang simple sehingga mudah untuk disimpan dimana saja.Alat penyimpanan yang satu ini mempunyai ukuran yang relatife besar mulai dari ukuran kapasitas 1Gb, 2Gb, 4Gb, 8Gb, 16Gb hingga 1 TG.Flashdisk menjadi penyimpanan data yang paling aman walaupun sebenarnya tergantung dari mana dan dimana kita mencolokkannya,dan biasanya untuk sekarang ini flashdisk juga bisa dipasang antivirus didalamnya yang berfungsi untuk menjaga dan mengamankan data atau file anda dari program jahat seperti virus.

Tapi saat sekarang ini orang yang memakai dan menggunakan flash disk sedikit banyak yang kurang menjaga keawetan flashdisknya sehingga akibatnya flashdisk cepat rusak sehingga tidak bisa dibaca dan digunakan lagi untuk menyimpan dan memindah data anda kedalam komputer atau laptop anda.Mungkin ada juga karena sepele dengan alat yang satu ini atau ada juga yang kurang tahu bagaimana cara menjaga flashdisk dari kerusakan.

Untuk itu ada beberapa hal penyebab flashdisk rusak,tujuannya agar anda selalu hati-hati menjaga keamanan flashdisk anda.Berikut penyebabnya :

1.Flashdisk disimpan dalam kantong atau saku celana dan baju.
Sering terjadi pada kita yang terkadang malas meletakkan flashdisk ketempatnya.Hal yang sering terjadi adalah diletakkan pada saku baju atau celana.Kalau biasanya diletakkan pada kantong celana belakang maka akibat yang terjadi adalah flashdisk retak atau motherboard flashdisknya retak.Sehingga ketika dicolokkan ke Laptop maka tidak bisa terbaca lagi oleh sistem.

Kalau diletakkan pada saku baju yang paling mengerikan adalah ketika anda lupa mengambil flashdisk dari saku baju tersebut sehingga ketika anda ingin mencuci baju tersebut,maka flashdisk akan ikut terendam air bersama pakaian tersebut.Maka yang terjadi adalah anda bisa lihat sendiri yang pasti flashdisk rusak total.

2.Flashdisk Jarang di Eject
Flashdisk menjadi alat penyimpanan yang mempunyai tata cara untuk dikeluarkan dan dimasukkan kedalam port USB komputer dan laptop.Setiap kali anda mencolokkan flashdisk diutamakan ketika akan selesai melakukan pemindahan atau menyalin data maka aturan untuk mengeluarkannya adalah dieject melalui klik kanan dan ejek flashdisknya.Tapi terkadang hal yang membuat kita lupa ada dengan melepas langsung dari port USB komputer tersebut.

Tahukan anda apa yang menjadi kerusakan melepas Flashdisk tanpa di Eject atau melepas langsung dari portnya ? maka jawabannya adalah kecepatan membaca yang ada didalam flashdisk bisa tidak berfungsi normal atau bisa juga tidak bisa bekerja lagi otomatis ketika anda ingin mencolokkan flashdisk ke Port USB komputer anda.

Karena flashdisk mempunyai day abaca ketika akan disambungkan port USB.Maka ketika anda tanpa melakukan eject dan mencabut langsung sebenarnya didalam flashdisk sedang terjadi pembacaan data yang sedang berlangsung dan ketika anda mencoba mencabutnya maka kecepatan data tersebut akan otomatis fungsinya terganggu.Fungsi yang terganggu akan membuat sistem pembacaan flashdisk menjadi error dan kalau error maka flashdisk susah untuk digunakan atau bisa juga rusak total sehingga tidak bisa digunakan lagi untuk menyimpan data anda.

3.Terlalu Lama dicolokkan.
Untuk masalah waktu pencolokkan juga perlu diperhatikan karena pada MB flashdisk sedikit tidak tahan dengan suhu yang terlalu tinggi,sehingga flashdisk yang memiliki waktu lama dicolokkan membuat sirkuti flashdisk panas dan panas ini bisa membuat MB flashdisk rusak dan tidak bisa berfungsi lagi.Untuk itu jangan sampai membuat flashdisk menjadi panas.

4.Flashdisk Terjatuh
Ini sering terjadi juga pada kita yakni flashdisk sering jatuh atau terbanting ke lantai,tapi rusak atau tidaknya flash tergantung dari jarak jatuhnya.Semakin tinggi jarak jatuhnya semakin besar kemungkinan flashdisk tidak bisa terpakai lagi.Maka dari itu senantiasa flashdiks dibuat tali gantungannya sehingga flashdisk anda aman dari bantingan.

Cara supaya tidak sering jatuh beri gantungan atau tali ikatan di flashdisk kemudian gantungkan di leher anda.Hal ini sering kita lihat orang yang suka menjaga flashdisknya dengan menggantungkan flashdisknya di lehernya yakni dengan memberikan tali gantungan kepada flashdiks anda tadi.Sehingga kemungkian untuk jatuh lebih sedikit.Ini merupakan cara baik untuk menjaga flashdisk anda dari kerusakan.

5.Lakukan hal nomor 1-4.
Untuk lebih optimal maka seharusnya anda melaksanakan hal atau urutan diatas karena mudahan ini menjadi bantuan untuk flashdisk anda supaya tetap baik dan awet dan tetap lancar digunakan sesuai dengan kepentingan anda.

Mungkin ini masih banyak kekurangan untuk penyebab flashdisk rusak,tapi anda sebagai pembaca bisa memberi masukkan selain dari point diatas.Karena masukan anda sangat penting bagi orang lain yang membacanya.Mudahan setelah anda membaca penyebab flashdisk rusak ini menjadi bahan pelajaran bagi kita untuk senantiasa menjaga alat penyimpanan data kita ini yakni flashdisk agar selalu jauh dari kerusakan yang tidak kita inginkan.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

51 komentar:

  1. untung flash disk saya tidak rusak karena udah membaca artikel ini, langsung saya cabut dari tempatnya karena tidak saya pakai. thanks

    BalasHapus
  2. terlalau lama di colokan dan disaku itu sepele ya kak tapi ternyata bisa bikin rusak :D :D
    makasih sharenya.

    BalasHapus
  3. iya,mas. penjelassan mas diatas bener banget.

    saya pernah dikomplain ama pengunjung warnet saya, katanya FD-nya rusak setelah kemarin dipakai di tempat saya.

    lalu saya tanya "lha kemarin dipake disini hingga selesai masih bisa nggak?" dia jawabnya masih bisa. tp hari ini waktu dia mau nyoba di sekolah eeh FD-nya nggak bisa alias mati.
    ya tentu saja saya nggak mau tanggung jawab lha wong bukan salah saya kok. lalu saya jelaskan hampir sama dengan penjelasan mas diatas. dia hanya manggut2 sambil bilang "ooo.. gitu ya". trus dia bilang "emang sih tadi FD-ku habis jatuh di sekolahan"

    Dueeng !!
    #jadi agak curhat nih :p

    BalasHapus
  4. paling sering saya alami adalah lupa di-eject

    BalasHapus
  5. wah, saya sering masukin flashdisk saya ke kantong tuh mas..
    apadampaknya bahaya buat flashdisk..

    BalasHapus
  6. *usul usul ...
    besok posting software untuk benerin flash disk mas...

    BalasHapus
  7. Ya mbak,maka dari hal sepele bisa menjadi masalah besar bagi flashdisk kita kalau kita tidak menjaga dengan baik.

    BalasHapus
  8. Terima kasih Mas curhatnya Pak,dan juga artikel ini juga telah membantu untuk kita apa sebenarnya penyebab flash disk tersebut rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

    Trims Pak Kunjungannya.

    BalasHapus
  9. Mudahan gak terulang kembali yah :)

    BalasHapus
  10. Ya itu tadi bisa kelupaan diambil dan bisa ikut tercuci sama baju :)

    BalasHapus
  11. tuk yg no 1 sy lakukan tiap hari... *smile
    thx infox gan..

    BalasHapus
  12. makasih tips & triknya sobat ^_^

    BalasHapus
  13. Ahh lumayan flashdisk ane sering di eject,,,,memang sgt bahaya klw flashdisk itu langsung cabut dari port USB.. Bisa mengagetkan komputer kita!
    makasih infomrasinya...

    BalasHapus
  14. flasdisk saya sudah 3 tahun awet lho, padahal sering di format :P

    BalasHapus
  15. Untungnya Saya sudah hampir setahun tidak punya flasdisk :D

    BalasHapus
  16. Flashdisk saya 8GB Kena virus shortcut ...

    BalasHapus
  17. kalo ane, yang menyebabkan flasdisk rusak adalah "tanpa sengaja terendam" heeheheh...
    sering banget.. dag ada 3 plesdik rusak gara2 direndem :{

    BalasHapus
  18. pernah rusak jg gara2 lagi transfer file langsung dicabut, wahhhh... mampus dah tu flashdisk, gak lagi2 main cabut sembarangan

    BalasHapus
  19. Waduh, aku malah sering melakukan poin no.2 dan 3. :(

    BalasHapus
  20. Ya mudahan jangan diulangi lagi gan :)

    BalasHapus
  21. Bagus tuh Mas kalau sering di eject setelah pemakaian.

    Ok Mas sama-sama.

    BalasHapus
  22. Itu artinya kesalahan kita sendiri sobat hehehe.

    Mudahan ini jadi pelajaran sobat.

    BalasHapus
  23. Hahaha...mudahan jangan terulang kembali sob,,,kasihan sayang flashdiknya.

    BalasHapus
  24. Mudahan setlah membaca artikelnya gak kelupaan lagi Mas :)

    BalasHapus
  25. 3 dari 5 Flasdisk ane rusak ...
    dan yg no 1 Flashdisk disimpan dalam kantong atau saku celana dan baju.

    itu penyebabnya toh -_-

    BalasHapus
  26. kalo saya biasanya nomor 4 yang sering sob, jatuh dan error deh

    BalasHapus
  27. wah kebiasaan saya mencabut fleshdisk tanpa di rejeck ternyata nggak bagus ya sob, hehehehe.

    terus saya juga pernah menaruhnya di kantong celana, dan parahnya dalam mesin cuci itu di rendem sampai semalaman sobat,

    tapi alhhamdulillah masih bisa sampai sekarang, sudah 3tahunan lah, dan itu adalah flashdisk pertama saya heheheheh

    BalasHapus
  28. FD saya kena write protect . Nggak tau kenapa, . . .

    BalasHapus
  29. fd rusak paling gara2 virus, atau gara2 kerendem air

    BalasHapus
  30. Di rumah saya banyak sekali bangkai flashdisc..Penyebabnya pasti salah satu alasan diatas..

    BalasHapus
  31. Kalo flashdisk saya sih bukannya rusak, tapi malah hilang, huahahh...
    Tapi emang sih, apa yang ditulis ada benernya.
    Apalagi kalo suka gak di eject, biasanya cepet rusak :D

    BalasHapus
  32. Satu lagi penyebab rusak, karena virus bro.. :D

    BalasHapus
  33. kebiasaan saya sih gak pernah eject fd hahaha... tapi rata2 rusak karena emang umurnya yg uda uzur :)

    BalasHapus
  34. repot juga kalo lagi butuh tiba2 FD rusak

    BalasHapus
  35. Untuk itu Mas flashdisk harus ditempatkan pada tempatnya :)

    BalasHapus
  36. Mudahan ini jadi pelajaran sob :)

    BalasHapus
  37. terkena air juga loh sob
    seperti salah satu flashdisk milik saya

    BalasHapus
  38. alhamdullilah FlashDisk saya selalu saya Ejek saat mau di cabut,

    BalasHapus
  39. Bagus itu Mas.Biar selalu aman dari rusak.

    BalasHapus
  40. owh gtu ya mas ?? ane baru tau malah..hehe thanks sharenya

    BalasHapus
  41. Boleh nambahin bos, FD yg sering disimpan dalam saku selain mboardnya retak karena tekanan, ternyata tanpa disadari uap keringat dapat masuk dan terakumulasi didalam mboardnya sehingga menyebabkan rangkaian dalam FD koslet.

    BalasHapus
  42. Gan, kalau misal nih, gak lama seblmnya msh bisa kebca di laptop, tapi, terakhir mindahin data, di eject, trus mskin kekomputer org, bikin hank gt, pas di cabut gak ngehank lg, gak bisa di apa-apain jdnya, jd gak di pake, kenapa itu?

    BalasHapus
  43. Kemungkinan memory komputer yang dimasukkan flashdisk tidak cukup mengakses flashdisk yang dicolokkan tersebut.

    BalasHapus