Jumat, 22 Februari 2013

Menjaga Laptop Dari Debu


Menjaga Laptop Dari Debu

Debu menjadi salah satu masalah penting yang harus dihindari karena debu dapat membuat perangkat keras laptop menjadi karat.Debu yang lama bertahan di perangakat laptop seperti di USB,Keyboard,dan monitor tentu dapat membuat karatan disekitar dan didalamnya.Debu sering masuk ke port USB laptop  dimana  port USB yang terkena debu tersebut mengganggu pendeteksian sistem pada laptop untuk setiap flash disk atau perangkat yang masuk kedalamnya.Hal ini tentu sangat tidak inginkan terjadi pada laptop kita.

Partikel kecil yang masuk ke laptop baik masuk ke port USB,monitor atau ke DVD ROOM tentu lama kelamaan jika terus menempel akan membentuk karatan atau membuat debu menembal dan menutupi perangkat tersebut.Maka dari itu jangan kita sepelekan debu-debu atau partikel yang masuk ke dalam laptop kita.Oleh karena itu disini akan dibagikan beberapa cara menjaga laptop jauh dari debu.

Berikut caranya yang dapat dilakukan untuk menjaga laptop dari partikel debu :

1.Pakai Protect Keyboard (Pelindung Keyboard)
Protect keyboard bertujuan untuk mencegah setiap partikel kecil dan halus yang masuk ke keyboard kita.Hal ini mencegah agar keyboard tidak lengket dengan debu.Artinya jika debu masuk maka keyboard bisa macet atau tombol keyboard susah untuk ditekan pada saat kita mau melakukan pengetikkan.Ini jika ini terjadi maka keyboard akan susah atau macet-macet di tekan atau diketik.

Untuk itu usahkan untuk melindungi keyboard dari partikel kecil yaitu berupa debu dengan cara menggunakan atau memasangkan keyboard dengan protect keyboard.Protect keyboard ini dapat dijumpai pada toko-toko komputer/ laptop atau tempat penjualan accecoris laptop dan komputer yang banyak dijumpai disekitar kita.Bentuknya halus dan lembut dan mudah melekat dengan keyboard kita.Maka dari itu protect keyboard ini sangat direkomendasikan untuk melindungi keyboard dari debu dan partikel kecil lainnya.

2.Gunakan Anti Gores Pada Layar Monitor
Anti gores juga sangat diperlukan bagi layar monitor selain untuk menghindari goresan yang bisa terjadi pada monitor laptop juga mampu mengatasi debu yang menempel ke layar monitor.Monitor sangat penting dijaga karena biasanya monitor sensitive dengan goresan atau gesekan serta debu.Untuk itu gunakan semacam plastic anti gores yang bisa kita temukan di penjualan asesoris laptop yang umumnya banyak kita jumpai disekitar kita.
Oleh karena itu fungsi dari plastic anti gores ini sangat membantu layar monitor laptop jauh dari debu dan goresan.Maka dari itu ini juga menjadi rekomendasi untuk menjaga monitor dari debu dan goresan yang tidak kita inginkan pada laptop pribadi kita maupun pada laptop teman-teman semua.

3.Jangan Merokok Saat Menggunakan Laptop
Bagi kita yang menggunakan laptop pasti tidak afdol jika bagi perokok tidak merokok saat online menggunakan laptop.Sebenarnya ini sangat tidak baik bagi kesehatan laptop kita.Karena asap rokok yang yang dikeluarkan dapat menghasilkan kandungan asam dan debu dari rokok tersebut.Sehingga jika ini masuk kedalam laptop tentunya dapat merusak perangkat didalamnya terutama bagi motherboardnya.Selain itu sisa-sisa pembakaran tembakau didalam rokok tersebut menghasilkan beberapa partikel halus seperti debu atau arang dari tembakau tersebut.

Maka dari itu jauhkan laptop dari asap rokok karena tentunya merugikan kesehatan kita dan laptop kita sendiri.Oleh karena itu jangan menggunakan laptop sambil merokok karena tentunya asap dan debu dari rokok tersebut dapat menempel dan merusak perangkat laptop.Untuk itu jauhkan laptop dari debu dan asap rokok.

4.Letakkan Laptop Jauh Dari Debu
Kalau yang ini tentu memang dan harus dilakukan, karena ini tentu sangat tidak baik bagi kesehatan laptop itu sendiri.Untuk itu saat menggunakan laptop sterilkan atau netralisasi tempatnya dari banyak debu dan asap.Perhatikan tempat dan lokasi anda saat menggunakan laptop karena lingkungan bersih dan segar membuat kita dan laptop tetap sehat.Untuk itu selalu perhatikan tempat anda meletakkan laptop karena ini sangat mampu menjauhkan laptop dari banyak debu dan partikel halus lainnya.

5.Pastikan Laptop Selalu Dibersihkan
Merawat dan menjaga laptop merupakan hal penting untuk membuat laptop selalu baik keadaannya.Ada banyak cara dilakukan agar laptop selalu bersih dari debu yaitu membersihkan sekitar keyboard dengan sapu laptop (sapu kecil khusus untuk laptop),membersihkan layar monitor laptop dengan cleaning kit .serta melap dengan kain bersih disekitar permukaan laptop yakni casing laptop itu sendiri.

Tentunya ini perlu dilakukan agar laptop selalu terjaga dari debu dan asap.Ini diperlukan agar laptop juga maksimal digunakan selain itu membuat laptop tampak bersih dan kilat.Oleh karena itu rajin dan teraturlah menjaga dan membersihkan laptop dari berbagai jenis debu atau partikel kecil lainnya.

Inilah yang bisa dijelaskan bagaimana cara menjaga laptop tetap bersih dari debu serta asap.Menjaga dan merawat laptop tentunya membuat laptop akan semakin maksimal dan tahan lama tentunya.Untuk itu rajin dan teraturlah untuk selalu menjaga dan merawat laptop agar laptop tahan lama dan panjang umurnya.Jika ada tambahan atau masukan yang dapat disampaikan maka sampaikanlah kedalam komentar karena tambahan atau masukan anda sangat berarti bagi kita sebagai pembaca disini.Terima kasih.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

23 komentar:

  1. Bagus nih infonya :D
    Langsung saya coba nih tipsnya, makasih sob :)

    BalasHapus
  2. Dapat ilmu lagi mengenai bagaimana menjaga laptop dari debu.
    Terima kasih sharingnya bang

    BalasHapus
  3. dulu ane pakai pelindung keyboard...tapi waktu dibuat ngetik malah kagak nyaman. jadi ane lepas aja dah :D

    BalasHapus
  4. makasih sob, tak coba tips-tipsnya nih:}

    BalasHapus
  5. paling sebal kalau debu masuk di sela-sela keyboard

    BalasHapus
  6. sip, aku simpan dulu sob tipsnya siapa tau berguna nanti kalo aku udh punya laptop
    :)

    BalasHapus
  7. Sayang dunk debu bisa masuk ke keyboardnya.

    BalasHapus
  8. gak bisa anti debu emang ya.. selalu nempel.

    BalasHapus
  9. umumnya orang saat membuka laptop sambil merokok. Kebiasaan yang susah dihilangkan.

    BalasHapus
  10. hmm susah juga nih cara merawat laptop

    BalasHapus
  11. Info yang menarik teman, hanya saja yang No. 2 itu banyak gangguan juga akibatnya.

    BalasHapus
  12. Yang paling tepat adalah tidak mengeluarkan laptop dari dus hehehe... makasih inponya
    sekalian blogwalking :)

    BalasHapus
  13. Bener banget sob, tapi kalo yang protect keyboard juga mempengaruhi sirkulasi udara.. Hmm bener gak sih?

    BalasHapus
  14. Belum punya laptop mas hehe., tapi makasih infonya buwat antisipasi dahulu, kalau besok dah punya hehe..

    BalasHapus
  15. wah, info yang bermanfaat banget gan.!!! saya jarang banget tuh bersihin notebook saya..!! :D

    BalasHapus
  16. baru pertama kali dibersihin, debunya pada numpuk dibawah keyboaard XD

    BalasHapus
  17. saya sudah gunakan pelindung keyboard sejak baru beli dan sampai sekarang kalau saya buka pelindungnya, keyboardnya masih terlihat seperti baru.
    yang saya baru tahu ternyata ada ya anti gores buat layar monitor laptop :D #NdesoAku

    BalasHapus