Sabtu, 02 Februari 2013

Cara Mengatasi Kegemukan Badan


kegemukan badan

Kegemukan badan sangat rentan terhadap penyakit terutama yang paling sering kena penyakit dari badan yang terlalu gemuk adalah obesitas,diabetes dan lainnya.Lalu mengapa badan mudan menjadi gemuk? Tentunya itu semua tergantung dari apa yang kita lakukan dan apa yang kita makan.Yang dari kita lakukan adalah kurangnya melakukan aktifitas untuk menggerakkan seluruh badan atau kurangnya aktifitas untuk berolah-raga.Dan kemudian untuk yang kita makan adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak terlebih yang suka mengemil makanan.

Kegemukan ini memang menjadi masalah penting dan utama bagi tubuh kita karena efeknya akan membuat badan atau tubuh kita menjadi lambat bergerak,kolestrol,sesak nafas, serta membuat kita malas untuk bergerak.Penimbunan lemak dalam tubuh yang tanpa disertai adanya pergerakan untuk mengolah lemak menjadi karbohidrat membuat tubuh akan menimbun lemak terus-menerus sehingga terjadilah kegemukan atau obesitas.

Sebenarnya ada 2 faktor yang membuat tubuh menjadi gemuk yaitu pergerakan dan makanan.Makanan yang kita makan yang setiap harinya akan dicerna dalam tubuh yang kemudian diolah menjadi sumber energi dan lemak.Energi dan lemak ini akan tersimpan dalam tubuh.Dan apabila energi dan lemak dalam tubuh ini tidak melakukan pergerakan seperti kegiatan olah tubuh atau olah raga maka mengakibatnya terjadinya lemak yang berlebihan.Akibatnya lemak dan energi tersebut hanya diam dalam tubuh dan tidak diolah menjadi karbohidrat dalam tubuh.Inilah yang menyebabkan tubuh menjadi bertambak lemak yang disebut dengan kegemukan atau obesitas.

Lalu,bagaimanakah cara mengatasi kegemukan tadi.Akan diberikan dibawah ini beberapa opsi untuk mengatasi kegemukan tadi berikut penjelasannya :

1.Kurangi makanan yang banyak mengandung minyak dan lemak.
Kita tahu makanan seperti ini sangat banyak menghasilkan lemak dalam tubuh.Banyak makanan yang mengandung jenis ini seperti lemak hewan (sapi,lembu dan kambing) ,makanan gorengan,dan macam makanan yang diolah dengan menggunakan minyak.Dan kalau untuk lemak hewan biasa ditemukan dalam bentuk hidangan sup atau sejenisnya.

2.Perbanyak Olah Raga.
Olah raga menjadi bagian penting bagi tubuh.Karena dengan olah raga tubuh akan mengubah lemak menjadi karbohidrat yang dijadikan sebagai sumber energi untuk beraktifitas.Semakin banyak kita beraktifitas maka semakin banyak lemak yang akan dibakar menjadi energi.Maka dari itu olah raga memang sangat baik untuk membakar lemak dalam tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

3.Kurangi Porsi Makanan
Banyak makan sedikit gerak inilah menjadi salah satu efek kegemukan.Ada kalanya kita makan sesuai porsi dari kegiatan kita sehari-harinya.Jangan mengkonsumsi nasi terlalu berlebihan jika tidak melakukan aktifitas berat.Karena ini biasanya tidak seimbang antara makanan yang dimakan dengan pergerakan aktifitas yang dilakukan.Makanlah makanan yang seimbang dan sesuaikan dengan aktifitas setiap harinya.

4.Kurangi Mengemil Makanan
Kalau yang ini kita sudah tahu mengemil artinya terlalu banyak konsumsi makanan ringan seperti makan makanan instan contohnya : kerupuk , cokelat , biskuit, minum es dan lainnya.

5.Laksanakan point 1-4.
Jika anda melaksanakan point 1-4 diatas mudahan hasilnya akan mampun mengurangi kegemukan pada badan anda.Karena cara ini akan membantu anda mengurangi kadar lemak dalam tubuh anda.

Jika memang ada masih ada yang kurang pointnya untuk mengatasi kegemukan badan anda bisa menambahkannya dalam kolom komentar sekedar memberikan masukan dan tambahan yang bermanfaat bagi kita yang bermasalah dengan obesitas badan atau kegemukan.Semoga kita sadar akan pentingnya kemauan untuk menjaga kesehatan bagi masa depan kita.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

39 komentar:

  1. tips yg menarik dan bermanfaat

    BalasHapus
  2. tipsnya menarik,,,boleh juga untuk dipraktekkan nich.. :)

    BalasHapus
  3. thanks infonya. lumayan buat refferensi

    BalasHapus
  4. aku oengen gemuk malah gak bisa bisa.. :D

    nice info kang.. :))

    BalasHapus
  5. susah sih gan, bawaannya ngemil terus...

    BalasHapus
  6. wah mantap sob, saya banget nih wkwkwkwkw makasih nih tips nya...

    BalasHapus
  7. Agar memiliki badan ideal perlu diperhatikan nih.. Tidak kekurusan juga tidak berlemak hehehee :)

    BalasHapus
  8. Untungnya ane udah langsing nih gan wkwk

    BalasHapus
  9. wah saya malah kebalikannya ... wkwkwk

    BalasHapus
  10. met sore sobat trmksih banyak sobat dah berbgi tip yang bermanfaat sekali

    BalasHapus
  11. Nice posting,.
    Syukurnya ane gak mengalami yang namanya kegemukan gan,,
    hhe.....
    :)

    BalasHapus
  12. Sore juga sobat.Sama-sama sobat.

    BalasHapus
  13. Terima kasih sobat.
    Baguslah sobat. :)

    BalasHapus
  14. He hee, pernah kejadian sama orang terdekat saya, diet ketat tapi akhirnya jatuh sakit, karena mungkin melakukan diet yang tidak proporsonal kali ya :)

    BalasHapus
  15. terimakasih tuk tips nya.. perlu di baca banyak orang nii keren :)

    BalasHapus
  16. Itulah Mas diet itu ibarat mengurangi jumlah porsi dari sebelumnya.

    BalasHapus
  17. kalau biar badan gemuk gmana sobat..?? hee

    BalasHapus
  18. Gampang sobat makan banyak dan tidur siang :)

    BalasHapus
  19. Tips yang sangat menarik dan bermanfaat. banyak kata kunci ini yang dicari di SE semoga tips ini bisa membantu bagi mereka yang membutuhkan informasi.

    BalasHapus
  20. Ya Mas.Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.Semoga saja SE nya kesini Mas. :)

    BalasHapus
  21. jangan terus tidur selepas makan,selain tidak sehat faktor tersebut juga mempengaruhi kegemukan badan.
    terimakasih tipsnya sob,salam sukses.

    BalasHapus
  22. Tips yang benar-benar sangat berguna dan bermanfaat
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  23. Tips ini sangat bermanfaat sekali sobat, bisa dijadikan sebagai pedoman utk mengurangi kegemukan, agar tetap sehat
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  24. Memperbanyak melakukan gerakan (olahraga) saya rasa yg lebih penting dan sgt mujarap dlm mengatasi kegemukan.

    BalasHapus
  25. cocok buat saya karena saya gemuk banget bang makasih

    BalasHapus
  26. kebetulan berat badan saya g ideal.. saya menemukan artikel ini sungguh sangat bermanfaat memang dari dulu saya berniat untuk menurunkan berat badan tapi setelah adanya artikel ini jadi tau harus memulai dari mana.. makasih banyak

    BalasHapus