Selasa, 19 Februari 2013

Cara Mengatasi Insomnia


Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah suatu kesulitan untuk tidur teratur atau sulit tidur pada waktunya.Ini sering terjadi pada kita yang sering tidur larut malam.Jam waktu tidur normal biasanya adalah jam 07.00-09.00 waktu setempat.Biasanya pada penyakit insomnia kita baru bisa tidur sekitar jam 12.00-02.00.Mengapa ini bisa terjadi ? itu terjadi karena dari aktifitas atau pekerjaan yang kita lakukan biasanya baik disiang dan malam hari.Tentunya imsonia merupakan gejala sulit tidur yang sangat merugikan kesehatan kita sendiri tentunya.

Penyakit insomnia ini memang sebenarnya sangat mengganggu kesehatan tubuh karena salah satunya penyakit akan mudah masuk kedalam tubuh.Beberapa gejala dari terkena insomnia adalah kurang darah,muka pucat,murah lemas,badan kurus dan penyakit lainnya.Insomnia jangan disepelekan karena jika berlarut-larut dibiarkan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Bagaimanakah cara mengatasi insomnia ini ? Berikut beberapa solusi yang dapat membantu mengurangi insomnia tersebut :

1.Usahakan tidur teratur
Tidur teratur sangat membantu tubuh untuk melakukan istirahat secara total.Karena sebenarnya tubuh butuh waktu istirahat untuk mengembalikan energi yang telah kita pakai.Tidur teratur memang harus dilakukan secara perlahan dan pasti.Tidak ada kata tidak bisa untuk tidur secara teratur,karena memang kesehatan sangat diperlukan.Dan biasanya kalau sudah sakit parah maka kesehatan adalah segalanya.
Memang diakui bagi yang terkena insomnia akan sulit untuk melakukan usaha tidur teratur.Karena memang ini kuncinya teratur dan tepat waktunya.Keteraturan tidur ini maksudnya tidur dimalam hari dimulai antara pukul 07.00-09.00 malam.Kalau ini diusahakan maka pastilah insomnia tersebut akan berkurang.Melakukan tidur secara terarut membantu tubuh tetap fit kembali.

2.Olah raga secara Teratur dan Optimal
Olah raga sangat membantu tubuh lebih aktif bergerak,gerakan ini membuat semua otot-otot dan syaraf tubuh lebih bergerak dan sistem peredaran darah lebih lancar berjalan.Sehingga peredaran dalam syarat lebih berjalan lancar.Setelah ini dilakukan secara terartur maka secara otomatis insomnia akan berkurang secara maksimal.

3.Jangan Kerja Terlalu Berat
Pekerjaan yang dilakukan secara berat akan mengalami gangguan pada sistem tidur anda.Karena pikiran yang berat membuat aktifitas untuk tidur terganggu akibatnya tidur anda menjadi tidak sehat.Biasanya pekerjaan yang dilakukan berat dikategorikan seperti memaksa pekerjaan untuk diselesaikan, mengerjakan pekerjaan hingga larut malam, terlalu berat pikiran terhadap pekerjaan.Ini tentunya sangat berpengaruh besar terhadap insomnia.

Maka dari itu usahakan mengatur waktu pekerjaan dengan istirahat agar cara hidup sehat tetap terjaga.Dan juga maksimalkan istirahat pada waktunya sehingga insomnia tidak akan mengganggu tidur anda.Dan biasanya kerja yang terlalu berat ini dapat membuat anda tidur hingga larut malam dan inilah menjadi timbulnya insomnia tersebut.Oleh karena itu maksimalkan waktu istirahat anda dengan baik sesuai waktunya,waktu istirahat itu dimulai dari tidur yang teratur serta aktifitas yang teratur.

4.Kurangi Menonton TV Terlalu Lama
Menonton TV menjadi salah satu penyebab insomnia,karena menonton TV dapat membuat mata tidak terasa lelahnya ,biasanya kalau kita sudah asyik menonton TV maka mata kita tidak akan terasa lelahnya karena keasyikan dari menonton TV itu tadi,apalagi kalau itu acara kesukaan anda.Maka mata yang lelah dan selalu anda paksa untuk menonton TV tersebut,ini bisa mengakibatkan insomnia itu terjadi.
Apalagi kalau menonton TV hingga larut malam hingga sampai jam 12 malam,maka penyakit insomnia itu bisa terjadi pada kita.Maka dari itu kurangi menonton TV hingga larut malam karena insomnia mudah menyerang pada aktifitas ini.Untuk itu menonton TV aturlah waktunya agar cara hidup tetap selalu sehat.

5.Jangan Begadang
Begadang merupakan kegiatan menunda tidur dimalam hari.Ada banyak alasan orang begadang mulai dari sibuk ngejar target pada tugas atau pekerjaan maupun begadang karena menonton bola.Tapi yang paling sering orang lakukan dengan begadang adalah karena adanya siaran sepakbola yang yang biasanya dimulai jam-jam subuh yaitu sekitar 02.00 pagi hingga -03.00 pagi.Tentunya inilah yang menjadi penyebab insomnia itu sendiri.Untuk itu kurangilah begadang,karena begadang mengurangi kesehatan.Oleh karena itu maksimalkanlah aktifitas untuk hidup sehat.Karena kesehatan melebih segalanya.

Mungkin ini yang bisa dijelaskan dari cara mengatasi insomnia.Semoga artikel ini dapat mengurangi insomnia kita yang mengalaminya.Bagi anda atau teman-teman yang mempunyai masukan dan saran cara lain mengatasi insomnia bisa memberikan masukan atau tanggapannya melalui kolom komentar dibawah ini.Karena masukan dan saran anda atau teman-teman sangat membantu teman-teman yang mengalami masalah insomnia tentunya,untuk itu semoga artikel dapat membantu dari masalah insomnia diatas tadi.


Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

33 komentar:

  1. kalau saya biasanya mengatasi sulit tidur dengan membaca...dan biasanya saat membaca ngantuk kan segera datang..jadi terlelap dech :-)

    BalasHapus
  2. wah kalau saya sech cara mengatasi insomnia, dengan cara membuat badan saya merasa capek banget sobat. jadi begitu malam, tidurnya cepet dan terasa nyenyak banget hehehehe.

    BalasHapus
  3. makasih ats informasinya :D salam kenal yah :)

    BalasHapus
  4. Ide bagus itu Mas supaya bisa cepat tidur yah :)

    BalasHapus
  5. Hebat sob,iya juga kalau udah capek pasti malamnya cepat tidur :)

    BalasHapus
  6. yang terakhir jangan begadang itu mah memang larangan sejatinya pak ... hehhehe... maaf baru bisa kunjung, lagi nerjemahin buku soalnya :D

    BalasHapus
  7. kalau saya sendiri mengatasi susah tidur dengan makan yang banyak mpe kenyang trz tidur pke selimut yang anget sob,...hehe

    BalasHapus
  8. wew, kalo kasusnya kaya saya gini termasuk pa dong ??
    tidur jam 4.00 bangun jam 12 siang ... hehehe

    BalasHapus
  9. Terlalu banyak pikiran dan galau jadi insomnia,,
    heheee

    BalasHapus
  10. Wah tips nya kayaknya ga berlaku sama saya deh mas, soalnya saya justru kerjanya dari siang sampe tengah malam, malah kadang sampe pagi. Bangun paling cepat jam 9 pagi ....

    BalasHapus
  11. makasih ya gan tips nya,.
    ntar ane praktekkan,. :D

    BalasHapus
  12. makasih infonya sobat, point no. 5 tuh yang susah di hilangkan hehe...

    BalasHapus
  13. .. aq bgt nich. bhkn kyk nya akhir^ ini juga bkal insom aq. huhh ..

    BalasHapus
  14. Bang Abed sepertinya kita berdua ini INSOMNIA SEJATI ya..ahahahhayy..ga tau subuh blogwalking terus...kikikikikikkikikikikikikk

    BalasHapus
  15. mengatasi insomnia dg minum kopi?
    kayaknya cuman kang topjer aja yg bisa hehehe...

    BalasHapus
  16. kebetulan saya belum pernah mengalami insomnia nih gan ,,!!! tips nya belum bisa saya praktekan. hehe :D

    BalasHapus
  17. Kalau saya mungkin kurang Olah raga secara Teratur dan Optimal mas.

    BalasHapus
  18. mgkin karena terbiasa tidur di atas jam 1 atau 2 malem kalo pas lagi di kantor, dirumah saya jadi g bisa tidur di atas jam 9. Pasti tidurnya malem terus..

    BalasHapus
  19. Itu insomnia juga sob,,,terlalu lama sekali untuk tidurnya.

    BalasHapus
  20. Itu mungkin karena Masnya bisa mengatur pola tidur masnya :)

    BalasHapus
  21. Perlu dikurangi itu insomianya.

    BalasHapus
  22. Bukan malah gak bisa tidur itu Mas :)

    BalasHapus
  23. Untuk itu Mas perlu olahraga biar tubuh sehat.

    BalasHapus
  24. Hehehe aneh juga yah Mas :)

    BalasHapus
  25. Para blogger nih sering kenak penyakit yg satu ini, hahaa. mungkin karena tdk sabaran ingin update blog teruss.....xixiixi

    BalasHapus