Jumat, 01 Februari 2013

Bahaya Terlalu Lama Duduk


Bahaya Terlalu Lama Duduk

Setiap hari dalam pekerjaan kita selalu melakukan aktifitas tapi biasanya aktifitas tersebut biasa kita lakukan dengan duduk.Apalagi kalau kita yang bekerja di kantor-kantor,sekolah dan terutama yang biasa sering duduk didepan komputer yang hanya sekedar mencari informasi atau menyelesaikan ketikan pekerjaannya.Tapi pastilah kita bekerja dengan posisi duduk,kecuali petugas keamanan atau satpam yang selalu berdiri.

Bayangkan saja setiap harinya kita selalu duduk dengan posisi yang bermacam-macam ada yang dengan posisi badan miring,punggung menyamping dan macam lainnya yang biasa kita lihat dari orang-orang yang sering duduk.Memang kita tidak bisa melepas kegiatan atau aktifitas dengan duduk,karena biasanya dengan duduk pekerjaan akan mudah dikerjakan.

Bagaimana mungkin jika seorang karyawan yang bekerja dikantor disuruh mengerjakan tugas dengan posisi berdiri, gimana jadinya itu? Apalagi disuruh mengetikkan laporan ke komputer dengan berdiri,waduh bakal susah itu.Makanya hampir lebih dari 3 jam waktu kita habiskan dengan duduk terutama bagi kita yang bekerja di kantor atau disekolah.

Perlunya kita menyadari bahwa terlalu lama duduk membuat badan menjadi sedikit akan pegal serta akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya.Maka dari itu akan dijelaskan beberapa kemungkinan dampak dari terlalu lamanya kita duduk dan membuat efek masalah pada kesehatan kita sendiri.Maka dari itu beberapa bahaya dari duduk dalam waktu yang lama yaitu :

1.Akan menimbulkan penimbunan lemak disekitar pinggul,karena kurangnya pergerakan tubuh terutama dari area sekitar pinggul, akan menyebabkan lemak tertimbun sehingga akan tampak atau ukuran pinggul menjadi tampak lebih lebar.Dapat dikatakan akan menjadi sedikit lebar atau gemuk.

2.Menyebabkan badan dan tulang punggung menjadi agak menyamping,ini tergantung dari cara posisi kita saat duduk,jika sehariannya posisi kita sering agak menyamping maka tulang-tulang belakang akan terjadi pembengkokkan sesuai dengan arah duduk kita yang menyamping tersebut.Maka dari itu biasakan duduk dengan posisi yang benar yakni tegak dan relax atau dibawah santai.

3.Bagi orang gemuk duduk terlalu lama bisa menjadi membuat posisi perut menjadi agak buncit.Ini dikarenakan adanya tekanan dari rongga-ronga perut kearah bawah sehingga akan menyebabkan bentuk perut menjadi sedikit buncit.Semacam membentuk parabola.Tapi kalau ini sering dibiasakan akan menjadi fatal pada bentuk perut kita.Untuk itu perlunya banyak pergerakan dan olah raga untuk mengatasi masalah ini.

4.Ukuran pantat menjadi akan lebih melebar ini bisa dilihat dari sebagian orang yang suka berlama-lama duduk.Sehingga tekanan dari kita duduk membuat pantat menjadi agak melebar.Maka dari itu perlunya olah raga agar tubuh tetap bergerak dan sehat.

5.Berlama-lama duduk akan menyebabkan tubuh terasa berat sehingga agak kaku untuk bergerak.Ini membuat tubuh malas untuk bergerak sehingga ini bisa menyebabkan tubuh menjadi agak berat dan juga bisa menyebabkan kegemukan yaitu karena kurangnya tubuh bergerak.

Memang hidup sehat menjadi idaman semua orang,karena untuk menjaga agar tubuh tetap sehat itu dimulai dari kesadaran dari diri kita sendiri dan bukan dari orang lain.Inilah yang bisa dijelaskan tentang bahaya duduk terlalu lama yang sering kita lakukan dan tanpa kita sadari kita sendiri telah membawa penyakit tersebut kedalam tubuh kita.

Mulai dari itu canangkanlah hidup untuk sehat dan hidup untuk menyadari bahwa kesehatan itu melebihi hal segalanya.Semoga artikel ini memberi manfaat besar bagi kita yang membaca dan memperhatikannya.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

36 komentar:

  1. waduh, saya sering banget duduk lama, pantesan malas bergerak dan olahraga

    BalasHapus
  2. Nice tips ... saya juga sering duduk saat kerja.. maklum, memang harus duduk..

    BalasHapus
  3. di lihat dari profesi kerjanya...terlihat enak ya mas...hanya duduk aja...namun ternyata malah kurang bagus utk kesehatan..

    sy yg termasuk kerja serabutan..sering byk gerak di lapangan...hehe

    BalasHapus
  4. Anak sekolah pasti duduknya lama. :v

    BalasHapus
  5. Ayo Mas segera bergerak dan olah raga, biar badan ringan :)

    BalasHapus
  6. Trims Mas.Ya tapi waktunya jangan lama-lama karena efek buruk bagi kesehatan kita.

    BalasHapus
  7. Ya benar Mas,tapi kita harus bisa mengatur waktunya supaya jangan terlalu lama duduknya.

    BalasHapus
  8. Tapi kan ada jam istirahatnya :0

    BalasHapus
  9. makanya saya siapin kopi, dan air putih tuh, biar gak lemot pinggang nya, :D

    BalasHapus
  10. Bagus itu gan untuk mengurangi sakit pinggang jika kebanyakan duduk. :)

    BalasHapus
  11. wah saya adalah orang yang sering bnget duduk lo sob, saya bisa menghabiskan hari hari saya d tempat duduk, waduh harus di kurangin nih sepertinya ....

    makasih dech sob informasinya, sangat membantu saya nih...

    BalasHapus
  12. Wah info yang manfaat buat para blogger yang sering berlama -lama duduk depan laptop sob, trims yah...

    BalasHapus
  13. bener juga sob trlalu banyak duduk gak baik kurang dudukpun kurang baik jdi sedang2 saja'y sob. trmksih banyak sob infonya.

    BalasHapus
  14. bener juga nih, jadi pada kaku apa lagi klo ditambah lagi jarang bergerak
    wah bisa bahaya
    thx infonya gan

    BalasHapus
  15. wah, kebetulan saya selalu duduk pas ngeblog. dan biasanya kalo udah ngebloh, sayanya lama

    BalasHapus
  16. Kalau saya malah jarang duduk kalau beraktipitas gan...

    BalasHapus
  17. Banyak minum air putih Mas biar aman pinggangnya :)

    BalasHapus
  18. Betul sekali sob memang ini bisa juga yang suk ngeblog apalagi kalau ngeblognya lama pasti duduknya juga lama. :)

    BalasHapus
  19. Ya itulah kita harus banyak bergerak biar gak pegal pinggangnya :)

    BalasHapus
  20. Hehe,,sama sob tapi usahain banyak minum :)

    BalasHapus
  21. Wah,,aktifitas apa itu sob :)

    BalasHapus
  22. nunggu jam istirahahnya itu yang lama mas abed >_<

    bener gak mas yuyud :D

    BalasHapus
  23. wah, nggak nyangka klo terlalu lama duduk akan menimbulkan masalah bagi kesehatan. Terima kasih infonya. harus lebih di kurangi untuk duduk lebih lama, dan sesekali berdiri.

    BalasHapus
  24. Benar sekali Mas,terlalu lama duduk bisa merugikan kesehatan kita. :)

    BalasHapus
  25. baiklah sob terima kasih infonya, sekarang saya gak akan lama duduknya

    BalasHapus
  26. aduuhhh saya suka lama-lama duduk lagi karena sering mainan laptop , gimana tuh?

    BalasHapus
  27. Banyak minum air putih sob :)

    BalasHapus
  28. padahal klo pas lagi di kantor seharian saya duduk di depan komputer. pantat sampek sakit..hahaha
    terima kasih infonya mas

    BalasHapus
  29. Ya untuk itu Mas,,,perbanyak minum air putih supaya pinggang tidak sakit :)

    BalasHapus
  30. Wah, saya sehari2 duduk melulu, karena aktifitas menyetir kendaraan. Sudah banyak minum air putih, tp msh sering pinggang sakit. How?

    BalasHapus
  31. selain olahraga apa makanan yg hrs dkonsumsi untuk orang yg terlalu lama duduk?

    BalasHapus