Sabtu, 16 Februari 2013

Apakah Google Melebihi Perpustakaan ?


google melebihi perpustakaan

Banyak yang bisa dicari dan ditemukan dari Google,karena Google mampu memberikan apa yang kita cari dari setiap masalah atau tugas yang ingin kita selesaikan.Google mampu dengan cepat dan kilat menyediakan dan menemukan pencarian dari setiap kata dan kalimat yang ingin kita cari.Tentunya kita sendiri sudah sering sehari-hari menggunakan Google sebagai alat bantu utama dari setiap masalah atau tugas yang ingin anda selesaikan.Selain itu Google mampu menyimpan berjuta-juta semua web-web yang berisi informasi yang kita butuhkan.Maka dari Google menjadi search engine nomor satu yang ada saat ini.

Lalu bagaimanakah dengan buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah atau perpustakaan daerah?Tentunya kita ingat pada saat itu ,bahwa sebelum kita mengenal banyak akses atau koneksi  internet yang pada waktu itu, kita lebih sering mengunjungi perpustakaan untuk mengerjakan semua tugas-tugas sekolah atau kuliah tersebut.Karena di perpustakaan tersediabanyak  buku-buku yang bisa dijadikan sebagai refrensi atau jawaban dari setiap tugas yang kita dapatkan baik dari sekolah ataupun kampus.

Tapi karena sekarang internet sudah menjamur dimana-mana seperti di warnet, sekolah,kantor,ataupun dikampus, tentunya kita lebih sering menggunakan akses internet untuk mengerjakan banyak tugas kita tersebut dibandingkan pergi ke perpustakaan untuk menyelesaikannya.Karena dengan menggunakan internet semua tugas lebih cepat terselesaikan dibanding pergi ke perpustakaan yang tentunya kita harus mencari dan memilih buku yang tepat untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Dengan menggunakan Google yang ada diinternet semua tugas dapat cepat terselesaikan.Google menyimpan banyak keperluan informasi yang kita butuhkan.Sehingga setiap masalah atau pertanyaan yang kita ketikkan di search Google maka dengan hitungan detik Google menampilkan jawaban dan solusi dari masalah atau pertanyaan kita tersebut.Inilah kehebatan Google dibanding search lainnya.

Kalau kita bandingkan dengan perpustakaan sekolah atau kampus ,kita harus banyak menyediakan waktu untuk mencari buku-buku yang kita inginkan untuk menjawab pertanyaan dari setiap tugas yang kita.Inilah menjadi kendala bahwa perpustakaan akan semakin sulit berkembang selain itu buku-buku yang ada diperpustakaan tentunya membutuhkan waktu lama untuk diupdate dibanding dengan informasi yang ada di Google yang lebih cepat terupdate dan cepat ditemukan.

Kalau kita perhatikan Google menyimpan banyak artikel yang melebihi halaman yang ada dibuku perpustakaan.Tentunya google sudah lebih lengkap informasinya dibanding buku-buku perpustakaan.Tapi secara umum buku-buku yang ada di perpustakaan tidak semua ada pada Google.Karena ini dibatasi oleh hak cipta buku tersebut.Maka dari itu memang menjadi pertanyaan apakah Google melebihi perpustakaan?

Mari kita yang menggunakan Google dan perpustakaan bagaimana tanggapan/respon serta jawaban anda dari pertanyaan ini.Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi kita yang rajin membaca buku serta mencari informasi melalui browsing di Google.


Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

41 komentar:

  1. kadang google ga bisa menembus isi buku karena terhalang copyrights

    jadilah google books cuma dikasih cuplikannya donag

    BalasHapus
  2. perpustakaan ruang lingkupnya g luas..memang ada yang koleksi bukunya banyak cuman tidak sebanyak apa yang terindeks di google. Skrg apa sich yg g ada di google..hampir semua materi dan berbagai sumber informasi dapat kita peroleh via web search engine ini. Bisa disimpulkan..google adalah perpustakaan online yg komplit dan lengkap.

    BalasHapus
  3. Aku rasa kedua-duanya sangat dibutuhkan, dan efeknya lebih dominan pada google, karena apapun ada di mbah google

    makasih sharingnya kak ?

    BalasHapus
  4. Memang sih kita mendapatkan banyak informasi di Google.
    Tapi buku tetap menjadi literatur wajib.
    Karena gak jarang, apa yang ada di buku masih lebih lengkap.
    Jadi, literatur di internet + buku = maknyus! :D

    BalasHapus
  5. Ada Award buat sobat silahkan di ambil :) http://hermanbaguz.blogspot.com/2013/02/award-kedua-hermanbaguz.html

    BalasHapus
  6. Bagaimanapun keduanya harus seimbang. Internet memang menyimpan berbagai informasi tanpa batas, tetapi karena tidak ada batasan itulah, banyak sumber informasi yang beredar di internet itu tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya, bahkan sangat banyak yang berstatus HOAX. Nah, sebagai sumber koreksi, bisa mengambil referensi dari buku-buku yang berada di perpustakaan, karena buku-buku di perpus biasanya sudah mengalami uji kelayakan sebagai sumber informasi.

    BalasHapus
  7. minjam buku di perpustakaan agak ribet dan terkadang pake uang jaminan, beda klo google serba simple dan gratis *dasar pemburu gratis hehehe...

    BalasHapus
  8. Benar sob copyright ini yang menjadi batas google merangkum semuanya.

    BalasHapus
  9. Setuju Mas.Tapi jangan lupa perpustakaan pun mempunyai buku yang mungkin tidak dimiliki Google.

    BalasHapus
  10. Hmm,benar sekali.Kalau tidak ada koneksi internet yah terpaksa ke perpustakaan sih :)

    Sama-sama.

    BalasHapus
  11. Sangat menarik tanggapannya sob :)

    BalasHapus
  12. Ok sobat.Terima kasih yah sobat :)

    BalasHapus
  13. Berarti memang buku-buku diperpustakaan informasinya fakta dan nyata karena sudah ada bukti dan penelitiannya :)

    BalasHapus
  14. aku setuju sob, google lebih hebat dari perpustakaan...
    Semua hal ada di google, bahkan yang lebih enak kita nyari sesuatu dg cepat, klo nyari di perpus tu ya bakal lama cz buka buku 1 per 1

    BalasHapus
  15. sepertinya keberadaan perpusatakaan akan sedikit tergeserkan oleh internet sob, tapi perpusatakaan juga masih eksis sampai sekarang

    BalasHapus
  16. Sptnya sama2 penting, perpustakaan menyediakan buku2 dg bahasan dan sumber yang sgt jelas jd mutlak diperlukan terutama utk akademis smntra gugel dg informasi yg lebih berlimpah tetapi terkdng sumbernya Ъќ jelas shg perlu memfilternya...

    BalasHapus
  17. tapi buku masih diperluka mereka yang gak bisa mengakses google..

    BalasHapus
  18. saat teman bertanya, saya selalu bilang, carilah di google. ... karena semua ada di google. bahkan seorang teman saya pernah berkata : saya tidak butuh sekolah, karena saya punya google....

    BalasHapus
  19. Yah tergantung dari kita yang menggunakan Google dan Perpustakaannya sobat :)

    BalasHapus
  20. Tapi emang google lebih lengkap gan, kan ada digitalisasi buku buat buku yang udah usang

    BalasHapus
  21. kayanya enggak deh, karna google kan ngindex, coba kalo gk ngindex, kan gk ada berbagai artikel hehe, dibanding wiki lebih banyak wiki.. :D

    BalasHapus
  22. hmmmm bisa bisa gak laku lagi nih perpus o.O

    BalasHapus
  23. seiring berkembangnya jaman,internet memang sudah menjadi bagian dari masyarakat.akan tetapi sebaiknya kita juga menggali semua dari buku2 juga.

    BalasHapus
  24. google memang lengkap. apa aja yang kita cari pasti ada.
    tapi google tidak bisa memuat semua isi buku..hehehe

    BalasHapus
  25. google lengkap,,asalkan jangan menanyakan DIMANA BAJU SAYA :D
    JUST KIDD :D

    BalasHapus
  26. Menurut saya Google dan perpustakaan tidak bisa dibandingkan. Google adalah mesin pencari halaman website sedangkan perpustakaan adalah tempat mengorganisir buku-buku.

    BalasHapus
  27. menurut saya sih relatif sob :)

    BalasHapus
  28. menurut saya nggak juga deh..!!! perpustakaan lebih banyak informasinya. soalnya kan, artikel-artikel yang ada di internet pun mungkin berasal dari buku-buku perpustakaan. google lebih sering di gunakan karena kemudahan dalam mencari informasinya.!!!

    #salam terhangat dari Mr.DHI

    BalasHapus
  29. bedanya cuma cara mencarinya aja gan. tapi ya nga juga, kadang di google juga banyak info sampah. kita yang nyari malah di buat bingung. emang lebih lengkap menurutku ke perpus sekalian walau sedikit ribet. kalau google, untuk yang praktis praktis aja.

    BalasHapus
  30. google itu perpustakaan modern, dan apa aja bisa didapet oleh google, bahkan google terlalu banyak pengembang yang membuat google sulit untuk ditaklukkan oleh pesaingnya....

    BalasHapus
  31. Informasi yg sangat berguna dan bermanfaat, terus terang disini saya banyak belajar kawan.
    salam sukses selalu

    BalasHapus
  32. Kedua-duanya bisa dijadikan sebagai sumber pengetahuan

    BalasHapus
  33. beneer .. :D
    lebih lengkap dari perpustakaan apapun didunia...

    *tapi ada banyak juga buku cetak yang gak ada dicarii.

    BalasHapus
  34. ea mas sy setuju..bahkan ada tips yg datangnya dari seorang dosen..pengen pandai dan gaul.banyak2 buka google...hehe

    BalasHapus
  35. saya sukanya ke perpustakaan buat minjam novel..
    google bisanya diandalkan sewaktu perlu tugas. baca buku dari google takut ngerusak mata..

    BalasHapus
  36. Menurut saya sih, nggak bisa juga google disamakan dengan perpustakaan. Untuk sekedar menambah pengetahuan dan pembantu erpustakaan sih bisa, tapi utk referensi masih belum. Karya di google banyak yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.

    BalasHapus
  37. tapi kalo yang punya hal cipta gak bisa di buka di google.

    BalasHapus
  38. Untuk google kalau dikatakan sebagai perpustakaan online masih perlu di verifikasi lagi, karena masih banyak yang belum dia ambil... Hhe

    BalasHapus